Sabtu, 08 Juni 2013

CERPEN " DERITA CINTA AMYLIA "



cerpen :derita cinta amylia
prnulis : aswan
               
          Hari paling gembira dalam hidup wanita adalah apabila kekasihnya ingin melamar dan menikahi kekasihnya, begitu juga yang amylia rasakan. Amylia merasakan dunia ini dia yang punya, ia merasakan rasa gembira yang sangat dasyat. Habis saja amylia sekolah SMA kekasihnya berjanji untuk melamarnya, nama kekasihnya “reza”. Amylia sudah lama berpacaran dengan reza dari SD sampai SMA. Amylia sangat setia, baginya reza adalah cinta pertama dan terakhirnya. Pulang saja amylia dari pesta perpisahan sekolah, ia langsung ke rumah juharna atau nama manja nya annah. Annah adalah sahabat karib amylia selain desy, amylia ingin berkongsi kegembiraan dengan annah. Amylia ingin memberitahu annah yang dia akan di lamar dan akan jadi istri orang, sampai saja amylia di rumah annah dia langsung menyanyi lagu daripada “dedy dores dan mayang sari yang bertajuk jangan pisahkan”.
Jangan pisahkan aku dan dia.....
tuhan tolonglah ku cinta dia.....
biarkan kami tetap bersama....
 didalam suka dan duka.....
“wah... gembira sekali temanku ini, ada apa-apa kah bikin panasaran aja deh”( kata annah.)
“bagaimana tidak gembira, nggak lama lagi aku akan jadi istri orang,arhh.”(amylia tersenyum manja)
“ah.......! yang bener,aku juga ikut gembira yah, apa reza udah melamar mu”
 “belum...tapi katanya hari ini dia akan melamar ku di tempat pertama kali kami ketemu   tidak lain tidak bukan di taman cinta kami jam 7 malam.”
“ kamu harus berdandan yang cantik, secantik bidadari, agar reza itu tidak salah memilih mu menjadi pendamping hidupnya”( tambah annah yang turut gembira )
“iya,...aku harus kelihatan cantik seperti bidadari ,karena itulah saat-saat yang paling romantic dalam hidup kami, annah doakan yah agar semuanya berjalan  dengan lancar”
“ iya...dong..pasti aku doakan yang terbaik untuk kamu berdua”
              
         Setelah berjumpa dengan annah, amylia langsung pulang kerumahnya karena masih ada 3 jam untuk bersiap-siap ke taman cintanya. Sebelum  pulang amylia sempat singgah ke tokoh baju gaun, dalam tokoh baju tersebut antara banyak-banyak baju, amylia memilih gaun berwarna putih, karena warna putih itu melambangkan kesucian cintanya kepada reza. Usai ia membeli baju dia langsung pulang karena amylia ingin berdandan secantik yang mungkin kalau bisa kayak model internasional.
               
         Amylia menaiki taksi yang supirnya udah tua, di dalam taksi amylia selalu tersenyum sendiri, tiba-tiba pak supir taksi tersebut menyalahkan radionya, dan lagu yang di mainkan di radio tersebut adalah lagu favorit amylia yang berjudul ( terukir di bintang ) nama penyanyinya yuna..
“pak kuatkan sedikit radio nya dong” amylia menyuruh pak supir tersebut,lalu amylia pun menyanyi  dengan penuh penghayatan.

Jika engkau minta intan permata...
tak mungkin ku mampu....
tapi sayang kan ku capai bintang dari untuk mu....
jika engkau minta satu dunia akan aku  coba....
ku hanya mampu jadi milikmu pastikan kau bahagia...
terukir di bintang...
tak mungkin hilang cintaku padamu.....

“waduh...waduh...neng,,,kok gembira sekali..?”
“pak supir, bisa aja deh, mesti lah nggak lama lagi aku akan jadi istri orang” amylia tersimpul malu
“selamat yah neng....!semoga jodohnya berpanjangan.”
“amin...”
“mau turun dimana neng!”
“di depan lagi pak,,,rumah ku yang berwarna biru”
“ok neng...! udah sampai. Semuanya 10 ribu rupiah aja.”
“ini pak 50 ribu rupiah.’’
“maaf neng! Nggak ada uang kecil”
“ya udah, kembaliannya buat bapak aja.”
“makasih yah neng, oh iya bapak lupa ucapin SELAMAT PENGANTIN BARU.”
“ah,,,pak supir ada-ada aja...sekali lagi terima kasih yah pak, hati-hati di jalan”                                        Amylia langsung naik ke rumahnya, bersiap-siap, setelah selesai amylia langsung                            meminta izin kepada ibunya. 
“ibu...! amy mahu keluar sebentar yah bu, mahu ketemu ama reza.”
“jaga diri yah nak,hati-hati di jalan! Jangan pulang telat, satu aja ibu pesan jaga diri”
“makasih bu...!bye, muah...” (sambil membuka pintu).
                Reza berjanji dengan amylia berjumpa jam 7 malam, tapi amylia lambat 10 minit, dari jauh kelihatan seseorang lelaki berbaju putih berseluar hitam duduk di atas kursi di dalam taman tersebut. Tidak lain tidak bukan dia adalah reza, amylia sangat gementar hatinya sepertinya mahu tercabut, “ya tuhan semoga hari ini hari yang paling terindah dalam hidupku sudah lama ku tunggu saat-saat seperti ini” amylia berkata-kata dalam hati, tanpa membuang waktu amylia langsung menyapa reza.

“hye, sayang,,! Udah lama menunggu.”sapaan amylia kepada reza
“baru aja, kok kamu kelihatan cantik hari ini.” reza memuji amylia
“ ihh,,,,sayang bisa aja deh, Cuma hari ini aja jadi hari kemarin aku nggak cantik”
“setiap hari kamu cantik kok, bahkan lebih cantik daripada mulan jamillah”
“ah, sayang ada-ada aja deh, yah mestilah aku harus cantik karena hari ini adalah                                 hari istimewa dalam hidup kita berdua,seperti janji kita 10 tahun yang lalu.”
“sayang, jujur dari lubuk hati ku yang paling dalam, kamu adalah wanita yang paling                            baik yang pernah aku jumpa. Dan kamu juga adlah cinta pertamaku, aku sangat                                mencintaimu....tapi...!”  reza ingin memberitahukan sesuatu kepada amylia
“tapi...apa! ayo katakan...” amylia mulai penasaran
“tapi kita tidak bisa bersama”
“maksud sayang apa sih, aku nggak ngerti deh.” amylia semakin keliru
“iya, kita tidak bisa bersama’ kamu terlalu baik buat aku. Sebenarnya akhir-akhir ini                            kita tidak ada keserasian lagi, perasaan cinta ku terhadap mu semakin lama                                     semakin  pupus.”luahan hati reza kepada amylia
“kamu Cuma bercanda kan sayang, katakan reza, ayo katakan” sambil memandang reza
“kau harus terima amylia inilah kenyataan nya cinta kita tak bisa bersatu.”
“bagaimana, aku bisa terima’ bertahun-tahun kita bersama tapi akhirnya putus begitu saja”
“inilah takdir kita amylia,banyak lagi lelaki di luar sana yang lebih baik daripada aku, hidup harus di teruskan amylia.
“dasar lelaki brengsek..!prakkkk...!” reza kena penampar
“aku memang layak ditampar amylia, ayo tampar lagi...tampar...tampar..” kata- kata reza membuat amylia kecewa

                Amylia sangat sedih Sekali, ia tidak menyangka yang reza lelaki yang paling dia cintai memutuskan nya  begitu saja,amylia mulai menangis dan menangis, beberapa minit kemudian datang seorang wanita tinggi, seksi, berbaju merah dan berambut panjang. Wanita itu adalah desy, desy adalah sahabat amylia mulai dari kecil.

“iya, amylia! Reza tidak mencintai kamu tapi reza mencinta aku”ujar desy sahabat amylia
“apa....! dasar perempuan murahan, aku sangka kau adalah sahabatku, tapi rupa-                                rupanya kau adalah musuh dalam selimut..”amylia semakin marah
“amylia maafkan aku,tapi inilah kenyataannya kami saling mencintai”  tambah desy lagi
“aku sangat mencintai desy, kau harus terima ini adalah takdir kita”
“dasar lelaki buaya darat, dibagi jantung mahu hati, ternyata selama ini kau                                          selingkuh di belakang ku. Apa kurangnya aku di mata mu reza,apa???...selama ini                                    aku begitu tulus mencintai kamu tapi semuanya sia-sia aku benci kamu reza.”amylia meyakinkan reza bahwa cinta sangat tulus kepadanya
“maafkan aku amylia, kau harus terima yang kita  putus disini” di saksikan desy, amylia di putuskan oleh reza

Dibawah sinar bulan dan bintang berakhir cinta amylia dan reza, sebelum reza dan desy pergi reza sempat berkata sesuatu kepada amylia.

“pernah hati ini menjadi milikmu, kasih dan cintamu hanyalah untuk mu namun bukan kamu akhirnya cinta ku ini takdir aku milik dia.”
“ku anggap selamanya tak pernah berubah kasih dan cinta mu taguh untuk ku,                                      namun bukan aku akhirnya cinta mu ini takdir engkau milik  dia”
“tiada daya diri ini, menerima hati mu lagi, maafkan aku cintaku bukan untukmu,                                  lupakan semua janji-janji kita bersama lama telah berakhir kisah cinta kita,                                                  terpadam tersisih oleh arus masa.”
“akan aku coba bawa jauh cinta, ku biarkan hati ini merawat luka nya sendiri,                                          membuang cinta lama terbenam dalam hidup ini”
“itulah...! makanya kalau ada cowok  jaga baik-baik,  kan udah lari sama aku, apa-apa pun saya ucapkan selamat menjalani kehidupan baru. Lupakan lah reza selamanya, selamat tinggal amylia. Dahhhhhhh..desy dan reza pun jalan meninggalkan amylia”
“dasar perempuan murahan, pergi kamu, pergi,,!aku muak lihat muka kamu                                           berdua, pergi....!” amylia semakin marah
                Reza dan desy pun pergi meninggalkan amylia, tinggal lah amylia duduk sendiri sambil menangis terisak-isak seperti seorang istri kehilangan suami. Amylia tidak bisa terima kenyataan yang reza putuskan dia demi wanita lain, amylia merasa telah di khianati oleh orang yang ia percaya. Hatinya hancur bagaikan telah di tusuk duri sembilu, beberapa jam kemudian baru amylia pulang, amylia menahan teksi berwarna biru dan ia pun naik sambil menangis seperti orang gila. Dalam tangisannya ia menelefon sahabat karibnya juarna.

“hello,,,! Annah bisa aku kerumahmu sekarang” kata amylia sambil menangis.

“bisa, tapi ada apa dengan kamu?” jawab annah mulai penasaran.

“nanti aku cerita, aku mahu curhat sama kamu”

“iya,,,! Aku tunggu yah, hati-hati di jalan.”

“terima kasih yah annah, kamu lah sahabatku yang paling baik ,bye”

Annah                   : “bye...!”

                Setelah menutup telefon, supir teksi tersebut mengerak kan tangan nya untuk menghidupkan radio. Sesaat kemudian lagu yang dimainkan di radio tersebut bertajuk, mendua yang di pupulerkan oleh penyanyi pop Indonesia astrid.


Ku tak habis pikir kurang ku dimana
Kau tega melepaskan aku
Jauh ku menatap namum terlalu jauh
Imajinasi ku terberai
Terdiam aku beku tanpa mu
Di manakah letak hati

Kau putuskan untuk mendua
Dengan dia di belakang ku
Padahal ku pilih kamu
Jadi cinta terakhir

                Selelah mendengar lagu tersebut, air mata amylia jatuh bagaikan mutiara yang jatuh dari langit ketujuh, ia tidak bisa menahan tangisannya lagi, hatinya hancur sehancur hancurnnya, hatinya sudah patah seribu dan tak bisa di cantum lagi. Sampai saja amylia di rumahnya juarna, amylia langsung memeluk annah dengan erat sambil menangis tersedu-sedu. Tuhan saja yang tahu betapa sakit nya hatinya, cowok selingkuh, teman makan teman. Wanita yang mana tak ingin bahagia dan hidup bersama orang yang di cintai. Sepuluh tahun bukan sekejab.

“ada apa amylia!, katakan, ayo katakan?,”annah kebinggung

“reza putus kan aku annah,,”amylia semakin sedih

“kenapa bisa, bukan nya reza itu cinta mati sama kamu”annah semakin marah

“cinta mati kau bilang, cuik....! dasar lelaki murahan playboy,lelaki dayus”

“playboy, maksud mu apa?”anna keliru.

“reza mencintai wanita lain” ujar amylia

“apa.......! dasar lelaki tidak tahu untung, sampai hati dia selingkuh di belakang mu,                              siapa selingkuhan nya, biar aku ajar dia’ dasar perempuan kecentilan”

“selingkuhan nya, adalah desy sahabat kita sendiri”

“apa...! desy, biar bener, dasar perempuan murahan lihat aja nanti kalau aku                                         ketemu dia akan ku botak kan kepalanya” annah sangat kaget mendengar nama desy

“sia-sia annah, sudah terlambat, aku tidak bisa menahan rasa sakit hati ku annah,                                 lebih baik aku mati saja”

“jangan amylia, jangan !!! masa depan mu masih jauh masih banyak lagi lelaki di                                    luar sana yang lebih baik daripada reza”


“aku tidak bisa hidup tanpa dia annah, aku sangat mencintainya lebih dari diriku sendiri, tidak ada guna aku terus hidup kalau batin ku tersiksa”sambil memegang gunting yang ingin dia tusuk ke tubuhnya.

“jangan!!! amylia, jangan!!!,kau harus kuat menjalani ini semua kau harus                                               buktikan kepada reza yang kau juga bisa hidup tanpa dia”sambil menahan amylia                              bunuh diri, annah mencegah amylia daripada bunuh diri.

                Amylia ingin membunuh diri tapi di halang oleh juarna, setelah itu juarna menghantar amylia pulang kerumahnya, amylia seperti orang tidak waras kadang senyum sendiri, menangis sendiri secara tiba-tiba, tidak ramah seperti biasanya dan menjadi wanita yang trauma dikarena kan cinta seorang lelaki.  Berbulan-bulan amylia berkurung di dalam bilik nya, dia hanya menangis dan menangis, ibunya tidak tahu harus berbuat apa lagi kepada putri tunggal nya itu, hanya juarna saja yang selalu menjenguk amylia apa kan daya cinta amylia terhadap reza terlalu besar sehingga ia menderita gara-gara cintanya sendiri. Bunga belum berputik sudah berguguran, menjadi debunga cinta amylia.

                Annah sebagai sahabat amylia tidak sanggup melihat sahabat nya seperti orang gila , annah berfikir untuk berjumpa dengan reza agar menerima kembali amylia. Tanpa pengetahuan amlylia, annah pergi berjumpa dengan reza. Annah menelefon reza untuk ketemu di cafe. Kurang lebih 30 minit reza belum juga datang, annah mulai jenuh menunggu reza si lelaki brengsek. Dan setelah sekian lama menunggu akhirnya reza datang juga.

“akhirnya kau datang juga reza”annah membuka bicara
“ada apa annah, tiba-tiba kau mahu berjumpa denganku” jawab reza
“aku mahu bicara tentang amylia, reza”
“emangnya kenapa dengan amylia?”Tanya reza
“amylia sakit reza, dia tidak seperti dulu lagi”
“tapi apa hubungannya sama aku,”
“apa!,,, dasar lelaki brengsek, habis madu sepah dibuang, amylia sakit karena kau                                telah memutuskan nya,dia tidak bisa terima kenyataan yg kalian sudah berakhir”

“maafkan aku annah, aku memang sudah tidak mencintainya lagi,”
“tapi coba lah kau buka kembali hatimu untuk nya”
“tidak mungkin lagi, dan tak kan pernah terjadi”
“kenapa tidak mungkin!bukan nya dulu kau cinta mati padanya”
“itu dulu, tapi sekarang lain”
“tapi, aku mohon reza datang ketemu amylia untuk menjenguknya”
“lihatlah nanti, maaf annah aku harus pergi aku ada janjian sama desy”
                Reza pun berlalu pergi meninggalkan annah, annah tampak kesal kepada  reza, tapi dari sisi lainnya dia juga kasian sama sahabatnya amylia. annah berharap suatu hari nanti reza dapat merasakan apa yang amylia rasakan. Annah pun kerumah amylia untuk menghiburnya. Sesampai saja amylia di rumah amylia dia langsung naik ke kamarnya tiba-tiba ia melihat amylia memengang gambar reza sambil menangis, dalam tangisan nya dia berkata.


Aku tak percaya lagi dengan apa yang kau beri
Aku terdampar disini tersudut menunggu mati
Aku tak percaya lagi akan guna matahari
Yang dulu mampu terangi sudut gelap hati ini

Aku berhenti berharap dan menunggu datang gelap
Sampai nanti suatu saat tak ada cinta ku dapat
Kenapa ada DERITA bila BAHAGIA tercipta
Kanapa ada sang hitam bila putih menyenangkan

Kau ajarkan aku bahagia
Kau ajarkan aku derita
Kau tunjukan aku bahagia
Kau tunjukan aku derita
Kau berikan aku bahagia
Kau berikan aku derita

                Annah menangis mendengar kata-kata amylia, dia pun masuk dan langsung memeluk amylia, annah baru menyedari akan ada kesetian pada cinta. Kekuatan cinta amylia terhadap reza sangat kuat sehingga ia tidak bisa menerima kenyataan cintanya sudah berakhir. Setelah malam itu reza menghilang dan tidak ada tahu dimana keberadaan nya. Selama setahun amylia derita, lama kelamaan amylia bisa terima yang reza bukanlah jodohnya dan dia pasrah. Kalau jodoh tak kan kemana, amylia harus teruskan hidupnya dengan mencari cinta yang baru. Tidak menyadari cukup setahun mereka putus dan masing-masing buat haluan sendiri. Pagi yang cerah dengan semangat yang baru dengan harapan mencari cinta yang baru berputik di hati amylia, nama reza semakin lama semakin pupus dalam hati amylia. hari yang bersejarah ulang tahun perpisaan nya dengan reza, amylia sudah merancang dengan juarna untuk meraihkan hari ulang tahun tersebut. Amylia merancangnya di taman cintanya 11 tahun. Dengan tujuan ia ingin membuang segala sisa-sisa cinta dengan reza. Amylia pun menelefon juarna.

“hello...!  annah, bagaimana nanti malam jadi nggak ikut aku” kata amylia dengan suaranya yang merdu.

“mesti dong! Wahhh, ceria banget hari ini” jawab annah mengusik amylia

“mestilah aku ceria, aku harus buktikan kepada reza yang aku juga bisa bahagia” ujar amylia

“iya betul tuh, lelaki dalam dunia ini berjuta-juta pilih saja yang mana kau mahu”

“satu saja yang ku mahu, yaitu kejujuran” tambah amylia

“oh, iya! Aku lupa nanti aku ingin perkenalkan boyfriend ku yang pernah aku                                      ceritakan   dulu, ingat nggak” kata annah

 “oh, iya! Aku ingat namanya, az......”

“azrie lah...”

“pasti tampan, udah dulu yah annah aku mahu masak, dahhhh” kata amylia

“dahhhhhh.....muahhhhhh...sampai jumpa”

                Amylia yang dulu kembali, ceria, ramah dan cerdas kembali lagi dengan semangat baru. Ia anggap apa yang terjadi adalah musibah. Dan musibah iatu tak berulang lagi. Ia ingin memulai dengan kehidupan yang baru, cinta yang baru dan kekasih yang baru. Yang lalu biarkanlah berlalu, tak usah di kenang kembali. Biarlah kenangan yang lalu menjadi awan-awan hitam. Hidup harus di teruskan dengan tabah. Cinta bukan lah segalanya. Akibat cinta hidup bisa musnah dan hancur.

Masa lalu hitam Didalam hidupku
Dapatkah ku jadikan putih
Kegagalan cintaku Juga keyakinan
Tergoyang oleh keadaan

Meski jiwa dan ragaku
Bagai hidup di padang yang tandus
Begitu beratnya beban yang ada
Di dalam hidup ku

Bila ku percaya bahawa
Hari-hari selalu berganti
Takkan selamanya  awan-awan
Hitam menghantui hidup ku

Mendung tak bererti hujan
Yakinlah itu suatu cobaan
Masih ada waktu dan
Kesempatan untuk meraih cinta

Aku ingin mencari ketenangan diri agar hidup ini bukanlah sekadar mimpi.

Aku ingin kau tahu isi hatiku
Cintaku padamu kasihku padamu
Putih tidak ternoda
Untuk dirimu hanya untukmu

                Amylia pun datang duluan, sambil menunggu annah dan juga azrie. Amylia membawa makanan dari rumah nya yang dia masak sendiri. Bulan yang sangat indah menemani amylia di taman. Banyak juga pasangan kekasih yang sedang berkencan. Beberapa minit kemudian annah datang membawa seorang lelaki tinggi putih hensem bergaya, tidak lain tunangan annah sahabat amylia. azrie baru pulang dari USA, barus selesai belajar university jurusan hukum. Azrie dan annah di jodohkan oleh orang tua masing-masing, orang tua azrie dan orang tua annah sangat akrab, pada awalnya annah menolak tapi mama papa nya tetap memaksa. Annah terpaksa mengikut kehendak orang tua dia takut menjadi anak derhaka, katanya belum tentu bercinta bisa menjanjikan kebahagian. Begitu juga azrie dia juga mengikut kehendak orang tuanya. Tapi lama kelamaan annah mulai suka azrie, sejak pertama kali bertemu. dan tak lama lagi annah dan azrie akan menikah. annah pun memperkenalkan azrie kepada amylia, dan mereka pun duduk semeja, annah tampak gembira sekali  dengan azrie, sangat serasi bagai pinang di bela dua. Amylia tumpang gembira dengan kebahagian annah, ia berharap agar annah hidup bahagia dengan azrie dan tidak ada orang ketiga dalam hubungan mereka biarlah ajal yang memisahkan bukan kerana ada cinta yang lain. Dalam dunia ini wanita mana yang tidak mahu bahagia, semua wanita ingin bahagia. Tapi kadang kala kebahagian itu hanya di bibir saja, yang di penuhi nafsu seraka. Amylia berkata lelaki Cuma manis di mulut pandai berkata cinta, padahal yang dia ingin kan dari wanita Cuma satu habis madu  sepah dibuang, ada yang baru lama di tinggalkan.
               
         Setibanya annah dan amylia di toilet, annah menitipkan beg nya kepada amylia. beg nya pun jatuh dan terkeluar sepucuk surat undangan. Amylia pun mengambilnya dan membacanya, UNDANGAN PERKAWINAN REZA DAN DESY. Amylia pun cepat mengambil undangan tersebut tanpa meminta izin kepada annah. Selesai mereka meraihkan hari perpisahan amylia dan reza. Amylia pun pulang kerumahnya di hantar oleh azrie. Dalam mobil amylia hanya termenung. Sampai saja di rumah amylia ia langsung membuka kembali surat undangan yang tadi ia ambil di beg annah. Yang membuat amylia  heran adalah kenapa annah merahasiakan tentang undangan kawin reza dan desy. perkawinan nya yang akan dilaksanakan keesokkan hari. Dan amylia merancang untuk hadir di acara tersebut, tapi bukan untuk merusak hanya sekadar memberi ucapan tahniah dari hati yang tulus. Tiba-tiba air mata amylia menitis ia tidak tahu air mata nya itu air mata kecewa atau gembira. Tapi jujur dari hatinya yang paling dalam amylia masih mencintai reza, ia tidak bisa membohongi diri sendiri.

                Keesokkan harinya amylia bangun awal, ia harus bersiap-siap untuk pergi ke acara perkawinan bekas kekasihnya, amylia akan memakai kembali baju gaun warna putih yang ia belinya tahun lalu sewaktu reza ingin melamarnya tapi jadi lamaran perpisahan. Amylia ingin membuktikan kepada reza yang dia bisa hidup tanpa cintanya lagi. Tapi kali ini amylia tidak memberitahu annah yang dia ingin ke acara tersebut.

                Sesampai saja amylia di rumah reza ia langsung masuk, ia melihat banyak sekali tetamu undangan yang hadir. Tapi pandangan amylia tertumpu kepada pasangan pengantin tidak lain tidak bukan reza dan juga desy. Mereka berdua menjadi raja sehari, itulah jodoh manusia hanya tuhan saja yang tahu. Tanpa membuang waktu amylia meminta kepada pembawa acara untuk menyanyikan sebuah lagu, amylia akan menyanyikan sebuah lagu yang berjudul “TENDA BIRU”. Sebelum amylia naik ke atas panggung, pembawa acara memgumumkan terlebih dahulu, “tanpa membuang masa di jemput saudari amylia untuk naik ke atas panggung untuk menyanyikan sebuah lagu yang berjudul tenda biru.”   Reza dan desy langsung kaget mendengar nama amylia, karena reza tidak menjemput nya. Semua tetamu tertumpu melihat amylia di atas panggung menyanyi.


Tak sengaja lewat depan rumah mu...
Ku melihat ada tenda biru...
Dihiasi indahnya janur kuning...
Hati bertanya pernikahan siapa...

Tak percaya tapi ini terjadi...
Kau bersanding duduk di pelaminan...
Air mata jatuh tak tertahankan...
Kau khiananti cinta suci ini...

Tanpa undangan  diriku kau lupakan...
Tanpa utusan diriku kau tinggalkan...
Tanpa bicara kau buat ku kecewa...
Tanpa berdosa kau buat ku merana...
Ku tak percaya dirimu tega...
Nodai cinta khianati cinta...

                Amylia pun menetiskan air mata nya, lalu turun dari atas panggung dan berjalan kearah reza dan desy, ia mengucapkan tahniah kepada reza dan juga desy. amylia memberi sepucuk surat kepada reza lalu reza pun langsung memasuk kedalam kocek seluarnya. Setelah itu amylia pun pergi, ia berlari sekuat tenaga di tengah hujan deras, pakaian amylia jadi basah amylia masih tidak peduli, amylia pun berteriak REZA....................................!

                Amylia yang berada di tengah jalan tidak melihat mobil yang lalu di sekitarnya, sehingga datang sebuah mobil  yang sedang melaju ke arah belakangnya, baru ia menoleh tiba-tiba amylia ditabrak, arhhhhhhh........prakkkkk..........! amylia tidak menyadarkan diri dia langsung di bawa ke rumah sakit. Keadaan amylia semakin kritis, ibu amylia sangat kaget mendengar berita anaknya dan langsung bergegas kerumah sakit, begitu juga annah. Selama berbulan-bulan amylia koma tidak menyadarkan diri, annah, azrie , dan juga ibunya tidak tahu berbuat apa. Annah terpikir untuk menelefon reza,

“hallo, bisa bicara dengan reza?” tanya annah

“reza bicara! Siapa yah” jawab reza

“ini annah, reza kamu dimana sekarang”

“aku lagi berbulan madu di itali, ada apa yah,”

“aku Cuma mahu bilang amylia sekarang berada di rumah sakit”

“bagaimana bisa,?”

“amylia di takbrak mobil, reza aku mohon jenguk lah dia”

“aku nggak bisa annah, aku sekarang berada di luar negeri”

“tapi, amylia selalu menyebut nama mu”

“sudah dulu yah annah aku lagi ada kerjaan”
               
 Reza pun menutup ponselnya, lalu reza teringat sesuatu, waktu amylia datang di acara perkawinan nya, amylia ada memberi sepucuk surat. Reza pun mencari surat tersebut dan membacanya.

“UNTUKMU REZA”
Reza ku ingin kau tahu bahwa kaulah lelaki pertama yang ada dalam hidupku, dan lelaki pertama yang membuka pintu hatiku. Selama 10 tahun pintu hatiku terbuka hanya untukmu aku tidak pernah membenarkan lelaki lain menutupnya. Reza selama 10 tahun kita bersama aku tidak pernah meminta apa-apa pun dari mu selain kejujuran dan kesetian. Jujur saja reza pintu hatiku sudah ku tutup dan ku kunci berkali-kali, lalu kuncinya sudah ku buang ke dalam jurang yang paling dalam dan tak bisa kau temukan. Dan mulai saat ini pintu hatiku tidak ada lagi untuk mu.
Tertutup sudah pintu...
Pintu hatiku....
Yang pernah di buka waktu hanya untuk....
Kini kau pergi dari hidupku...
ku harus relakan mu walau aku tak mahu...
“bekas kekasihmu, amylia’’

                 Setelah membaca surat daripada amylia, reza langsung menitiskan air mata simpatinya. Reza merasa bersalah dengan apa yang telah ia lakukan kepada amylia, reza tidak menyangka yang cinta amylia begitu besar terhadapnya. Reza hanya bisa berdoa  agar amylia mendapatkan lelaki yang lebih baik daripadanya. Reza tidak bisa berbuat apa-apa karena ia telah jadi milik orang. Tanpa sepengetahuan amylia reza dan juga desy sudah lama menjalin hubungan percintaan, sekaligus selingkuh di belakang amylia. karena kepolosannya, amylia langsung tidak pernah mencurugai reza.
Usai reza memmbaca surat ia langsung membuang surat tersebut karena takut istrinya marah.

                Selama berbulan-bulan amylia di hospital, tapi reza tidak juga menjenguk amylia sehinggahlah amylia sembuh. Amylia semakin tegar setelah apa yang berlaku kepadanya, dan dia sangat gembira karena sahabat nya annah akan berkawin dengan azrie 2 bulan lagi. tiba-tiba azrie menefon amylia katanya ingin ketemu di cafe. Amylia pun pergi ketemu azrie, ia menyangka bahwa annah ikut sekali dengan azrie. Amylia merasa heran kenapa azrie ingin ketemu nya. Dalam pertemuan itu azrie mengatakan cinta kepada amylia sedangkan 2 bulan lagi ia akan menikah dengan annah. Amylia sangat marah kepada azrie kerana menjadi lelaki yang tidak setia. Amylia tidak ingin annah merasakan apa yang telah dia rasa, betapa sakitnya rasa dikhianati sahabat sendiri. Amylia menampar azrie sekuat tenaga, karena dia paling benci lelaki yang tidak setia. Dan menolak mentah mentah cinta azrie, dan amylia meminta kepada azrie semoga menjaga annah dengan baik.

                Amylia pun di jodohkan oleh orang tuanya, dan amylia terpaksa menerima karena dia tidak ada pilihan lain, azrie selalu menefonnya dan memaksanya menjadi pendampin hidupnya. Amylia pun dijodohkan sama teman sekolah ayahnya yang bernama Amran berumur sekitar, 50 an. Amran teman baik ayah amylia yang sudah lama membujang, mahu tak mahu amylia harus menerima lamaran amran. Meskipun batin amylia tersiksa dia tidak bisa berbuat apa-apa, demi kebaikan semua orang. Amran yang pantas ia panggil om,yang seumuran ayahnya sendiri, demi pengorbanan nya kepada sahabatnya dan tidak merusak perhubungannya, karena amylia tahu betapa sakitnya dikhianati.

                Reza pula ditinggakan oleh desy,dan reza sangat menyesal meninggalkan amylia yang tulus mencintainya. Desy kawin lari dengan lelaki lain yang lebih kaya daripada reza. Reza menganggap itu semua adalah karma untuk dirinya. Dan ia tahu betapa sakitnya bila pasangan kita selingkuh dengan orang lain dan Tiada guna menyesal. Kalau saja ia menikah dengan amylia pasti sudah bahagia, apa boleh buat tinggallah dia merenungi nasib nya sendiri, karena nasi sudah jadi bubur.

                Annah pula tidak jadi menikah dengan azrie kerana azrie tidak pernah mencintai annah, pernikahan mereka hanya di jodohkan oleh orang tua masing-masing. Azrie pun kembali keluar negeri, lari daripada pernikahan nya. Annah stess berat sehingga dia sakit parah. Annah menjadi gila karena cinta.


Begitulah kisah derita cinta amylia.


Karena cinta segalanya berubah
Karena cinta kita bisa menderita
Karena cinta tiada pastinya
Karena cinta batin tersiksa....
                                                                        T A M A T


Penulis         : aswan amir
Cerpen          : Derita Cinta Amylia
no telefon       : 0198020551


( synopsis )

Menceritakan tentang gadis bernama amylia, yang di khianati oleh sahabat sendiri sehingga ai menderita karena kekasihnya yang bernama reza meninggalkan nya demi wanita lain, sehingga amylia mengalami trauma berat, yang harus ia jalani seharian. Komplik nya bertambah apabila tunangan sahabat nya yang bernama juarna juga mencintai amylia sejak pertama kali mereka ketemu, tetapi cintanya bertepuk sebelah tangan apabila amylia terpaksa menerima lamaran teman ayah yang bernama Amran yang berurmur kurang lebih 50 thn, amylia terpaksa karena azrie terus menerus meminta amylia menjadi istrinya. Meskipun batin amylia tersiksa karena terpaksa menerima lamaran orang yang tidak ia cintai.

















  



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar