Sabtu, 08 Juni 2013

CERPEN " Seribu Satu Kenangan



“Seribu Satu Kenangan” ( supercamp yang wow )
Pagi yang cerah, embun yang membasahi rambut, angin pagi yang menyapa dari kiri dan kanan, terasa indah sekali. Mentari yang mulai terbit memanggil ku untuk berjuang dalam hidup meskipun seorang anak ladang. Tak terasa hari yang ku tunggu-tunggu selama ini telah pun tiba, hari jumaat, tanggal 22 maret 2013 adalah hari yang paling  bersejarah dalam hidup anak anak ladang kelapa sawit yang bersekolah di Smp terbuka CLC PONTIAN FICO. Karena pada hari tersebut kami siswa siswa smp clc pontian fico akan mengikuti acara “Pontian Youth Supercamp” yang di adakan Melewar 1. Secara peribadi saya merasa gembira sekali karena para guru guru clc pontian fico mau mengadakan acara sebegini, dengan acara sebegini kami para siswa bisa megeratkan silaturahim dan saling mengenal sesama siswa.
           
      Tanggal 22 maret, 2012 telah pun tiba, hati ku sangat sangat gementar dan tidak bisa terungkapi dengan kata kata. Seawal jam 5 subuh saya bangun untuk mandi dan bersiap siap pergi melewar 1. Setelah selesai mandi saya mengecek kembali barang barang yang akan saya bawa ke melewar yang sudah saya siapkan semalaman. Alhamdulillah semua barang keperluan semua sudah lengkap, peralatan mandi, obat-obatan, baju gantian, dan lainnya. Tidak lupa raket kesayanganku yang telah ku jaga bertahun tahun yang jarang ku pakai kini akan beraksi denganku di gelangang, karena saya telah terpilih mengkuti acara badminton tunggal putra di melewar.

Tidak ketinggalan teks pidato yang telah ku hafal selama seminggu lebih, meskipun kadang kadang tersangkut bila di tes sama pak guru, tapi tetap harus ku bawa karena masih ada  kesempatan untuk memantapkan lagi dari segi kehafalan, kerana saya juga terpilih mengikuti lomba pidato bahasa Indonesia. Saya juga tidak tahu kenapa saya yang terpilih apa mungkin saya bagus, ah,,mana mungkin’ sebagus bagus saya pasti adalah lagi yang lebih bagus. Alhamdulillah waktu seleksi saya lolos ke melewar, yah’’ meskipun saya tahu saya bukanlah pilihan terbaik,karena factor suara, yah saya akuilah suara ku tidak semerdu penyanyi pop Indonesia afgan, tidak juga setinggi pemenang Indonesia idol, tapi semangatku yang ada di dalam diriku  takkan pernah ada duanya.

Bak kata pepatah, “BUKAN SENANG MAHU JADI SENANG, DAN BUKAN SUSAH MAU JADI SUSAH”. Semua itu dari diri kita sendiri kalau kita berusaha bersungguh - sungguh pasti akan berhasil,tidak ada kata mustahil dalam dunia ini kata mustahil itu hanya untuk orang orang yang malas. Peluang yang pak guru berikan saya gunakan sebaik-baik yang mungkin dan tak kan saya sia-siakan, karena peluang itu tidak datang dua kali. Komentar atau kata-kata nasehat yang pak guru berikan saya ambil dan gunakan sebaik-baiknya. Pesaing terhebat ku di tkb fico tidak lain, tidak bukan dia adalah Julius Thomas rakan sekelas ku. Kehebatan suaranya membuatkan para guru binggung harus pilih saya atau dia. Hanya kebijakan yang akan menentukan siapa yang lebih ok. Tapi para guru memilih saya, bukan karena bagus tapi Julius terlalu banyak acara yang diikuti salah satunya story telling.

 Saya tidak akan sia-siakan. Peluang yang di beri dan akan ku tebus kekecewaan  tahun kemarin yg gagal. Selesai sarapan saya langsung pamitan sama ibu dan ayah ku. Sebelum jalan saya mencium kedua tangan ibu dan meminta restu dan doa agar mampu mengukir prestasi. Walaupun Cuma di melewar 1 tapi saya bangga sekali menjadi anak smp terbuka clc pontian fico, karena bisa bersaing dengan teman-teman senasib di acara youth supercamp.

Pontian youth supercamp adalah acara perkemahan dan pertandingan kesenian, olahraga dan pelajaran 2013. Dimana nanti pemenang nya berkemungkinan akan mewakilkan clc pontian fico di, Apresiasi,kreasi,seni, olahraga dan pengatahuan learning center 2013 kota kinabalu. Dimana tahun kemarin clc pontian fico bisa meraih 2 emas dari cabang olahraga takrow dan cabang seni tari berpasangan sekaligus merangkul juara umum tempat ke3.
            
       Sambil memakai kasut saya terdengar bunyi bus dari arah depan, apalagi saya pun berlari secepat yang mungkin kerumah pak guru agar bisa mendapat tempat duduk yang selesa karena siswa TKB fico berjumlah 17 orang. Bus pun datang saya langsung naik dan mencari tempat duduk yang selesa karena perjalanan ke melewar itu mengambil masa kurang lebih 1 jam setengah. Setelah itu bus pun jalan tiba-tiba ada suara datang dari belakang  “cikgu zaining ada yang ketinggalan satu orang lagi????”. Cikgu zai pun menjawab “ siapa lagi!!”. Dan kami semua berteriak si “JULIUS”. Muka cikgu zai kelihatan nya sangat marah dan saya lihat dia sibuk menekan-nekan ponselnya. Bus berhenti di persimpangan 4 dekat kedai, kurang lebih 10 minit kami menunggu dia belum juga datang, bukan Cuma cikgu zai yang marah tapi kami semua yang ada dalam bus, kami marah bukan pasal apa tapi kami semua sudah berjanji berkumpul rumah cikgu jam5.30am tidak ada alasan karena kita sebagai siswa harus disiplin karena waktu itu emas. Tapi kali ini dia dimaafkan.
           
       Dalam perjalanan dalam bus saya dapat merasai semangat sahabat sahabat ku yang semakin panas membara, kelapa demi kelapa sawit kami lalui, belum juga berpenghujung ditambah lenggokan bus yang terumbang ambing di karena kan jalan di batu batu yang bercampur tanah tidak rata. Tanpa membuang masa saya meraba-raba tas gedongku yang kubawa untuk keperluan peribadi dan akhirnya saya menjumpai teks pidato yan berisi 3 lembar yang harus ku baca dan ku hafal karena itu lah parsaingan harus giat berlatih dan berlatih.  Saya meminta bantuan melda ayunengsih teman sekelas saya untuk memegang tesk pidato ku dan saya menghafal sekali kali salah melda menegur dengan suara nya yang merdu seperti penyanyi no1 di Malaysia Siti Nurhaliza. Melda salah satu siswa terpandai di kelas 8 dan saya adalah pesaing nya,heheeheheh... Dengan kecerdikan yang dia ada dia terpilih mengikuti lomba cergas cermat dan bergabung dengan juarna dan akbar, nah ini lagi satu Juarna dia sebenarnya pandai tapi malas belajar. Tapi kecantikan luar biasa seperti Britney spears yang mempersona setiap lelaki yang melihatnya pasti bilang, “Harus Aku Bilang WOW gitu...”heheeh.. Tidak mau kalah Akbar anak kelas 7 pandai memang pandai tapi itulah anak-anak susah mau diatur, dan selalu mengejek kesalahan orang lain.             

       Itulah karakter mereka, semuanya luar biasa. Selesai menghafal aku langsung mengambil hansfree ku dan mendengar lagu favorit ku. Bohong lah kalau saya tidak gementar, yah pasti semua teman temanku merasakan apa yang saya rasakan. Setelah  penat duduk akhirnya kami semua terlihat gate melewar1. Saya menoleh ke kiri dan ke kanan saya terlihat anak seusia saya memegang sabit sambil melihat pohon sawit yang tinggi. Kasihan saya melihatnya masih muda sudah bekerja pekerjaan yang sangat berat.  Apalagi kalau sudah tua adakah dia akan begitu terus. Saya rasa bersyukur karena bisa melanjutkan sekolah di smp terbuka meskipun usia kini 18 tahun tapi tidak ada kata terlambat untuk belajar “maju terus pantang mundur”. Sekarang saya akan ke melewar untuk mengukir prestasi sedangkan teman-teman yang lain masih berkeliaran di dalam kebun sawit, ada yang memunggut biji, ada yang mentabur baja dan lainnya. Saya bukan apa, buat apa mahu malu kalau belajar umur 18 kah, 19 kah tidaklah  menjadi halangan janji ada keinginan untuk belajar dan bangkit untuk memajukan diri sendiri. Meski kita dalam kondisi berat  belajar sambil bekerja tidaklah menjadi halangan, kita harus berjuang dan berjuang untuk siapa? Untuk diri kita sendiri.
           
       Akhirnya sampai juga tempat tujuan dengan selamat, terlihat ramai siswa-siswa lalu lalang memakai baju putih biru smp, sama dengan kami semua.  Sedang saya sibuk menurunkan barang barang, ber beg-beg ada warna biru,hijau dan lainnya, beg ku jugalah yang paling besar. Saya pun mengeluarkan dompet untuk membayar tambang. Setelah itu saya langsung masuk ke dalam dewan meletak barang, dan keluar kembali untuk mengdaftar nama di depan dewan. Saya pun berbaris dalam barisan saya melihat teman saya karmila dan asti anak kelas 7 yang masih penuh dengan debu, rambut nya  putih  kayak nenek lampir, kenapa tidak, siapa suruh naik motor. Asti orangnya cantik boleh lah, luna maya pun kalah, tapi  agak centil orang nya. Tapi masih seorang siswa yang baik mau menurutkan kata guru. Apalagi karmila calon MISS WORLD 2014,hehehe, karmila kurang lebih seperti asti lah, baik lah juga tapi kadang-kadang lost control, banyak jejaka tampan yang melihatnya. Selesai  mendaftar nama  saya kembali ke dalam dewan untuk berehat sejenak.
            
         Setelah itu keluar kembali untuk upacara pembukaan. Semua siswa dari semua TKB clc pontian fico berkumpul di hadapan dewan. Guru pamong dan guru bina juga Nampak semangat sekali menjayakan supercamp ini,yang bisa ku kata kan terima kasih guruku. Karena memberi peluang kepada kami semua untuk berprestasi untuk mengukir mimpi-mimpi kami di bintang. Sedang semangat menyanyikan lagu Indonesia raya tiba-tiba saya melihat abdul muharram anak kelas 7 yang paling jago menari, tidak di nafikan lagi sekaligus anak didik kesayangan cikgu zaining tidak lain, tidak bukan guru tari no1 clc pontian fico,tapi abdul kadang-kadang agak keras kepala nakal lah juga,dan kadang-kadang kalau menari selalu lupa diri alias overshadow, itulah dia selalu dipuja puja penari terbaik. Saya angkat jempol untuk dia tapi saya sarankan kalau menari lebih natural  agar terlihat indah bukan Cuma dari gerak  kalau menang jangan sombong dan giat berlatih lagi dengan guru tari mu. Tiba-tiba abdul berlari kedalam dewan, kata si Julius dia mau pingsan, oh aku sangka dia mau masuk menari jaipong.hheheeh. Setelah selesai acara penutupan kami semua diarahkan untuk mengemas khemah masing masing dan mengangkat barang masuk ke dalam khemah dan kembali ke dewan untuk pengabagian kelompok,nah dalam pembagian kelompok kami seluruh siswa dibagi kertas berwarna dan yang sama warnanya adalah satu team, dalam teamku anggota nya 6 orang, iswan dari melewar2, yayat dari asia, aldhy dari asia, ervan dari fico, anto dari tanegang dan juga saya. Dan semua sepakat memilih saya sebagai ketua kelompok dan nama kelompok ku adalah,, “GARUDA”. Nyell nyell nya begini, “kami..tiem garuda hebat... kami pahlawan clc hebat.... awas kami hebat....yang lain ketinggalan ” nyell nyell nya saya sendiri yang buat hebat kan.
            
        Kami pun saling berkenalan satu dengan lainnya meski agak malu yah’ biasalah namanya juga baru ketemu, setelah selesai semua siswa lelaki mengikuti para guru ke surau untuk melaksanakan sholat jumaat, dan harus wajib ikut kalau ada yang tidak ikut akan di denda. Selesai sholat jumaat, semua para siswa dan guru-guru makan siang, makanan nya enak sekali. Selesai makan  berehat sebentar dan menunggu arahan para panitia untuk acara selanjutnya.
            
      Tiba-tiba saya terdengar suara panitia mengumumkan “ Bersiap sedia badminton tunggal putra dan tunggal putri kita akan melaksanakan pertandingan di dewan paris3 di harap berkumpul sekarang.” Saya langsung berlari ke dalam khemah untuk mengambil raket ku, dalam hati berdebar-debar melihat lawan yang hebat-hebat. Selesai berkumpul kami semua para atlet TKB masing-masing naik kendaraan yang sama, tidak  lupa adikku Asma dia juga ikut tunggal putri dimana tahun lalu dia juga terpilih mengikuti apkres tidak tahu tahun ini kalau ada rezeki pasti dia terpilih. Dalam perjalanan saya juga sempat berdoa agar teman yang mengikuti cergas cermat bisa lolos ke babak final dan bisa jadi juara.
           
        Dap..dup..dap....akhirnya sampai juga ke dewan paris3 kurang lebih 10 minit, kami semua pun turun dan masuk ke dalam dewan. Sebelum permainan kami semua para pemain diberi tunjuk ajar cara bermain dengan benar, cara servis dan sebagainya. Permainan pertama tunggal putri ( FICO VS TENEGANG ) dimana adik ku sendiri menentang satu khemah nya sendiri tapi di luar khemah kita harus tetap sportif. Tanpa membuang waktu permainanpun bermula, di set pertama adikku kalah. Di set kedua murni dari tanegang masih mengontrol dan mengawal permainan dengan baik dan akhirnya asmah di kalah dengan 2 set. Apaboleh buat itu semua adat permainan kalah menang hal biasa. Apa- apa pun setiap peserta menampilkan yang terbaik dimana-mana pertandingan semua orang pasti  mau  menang.
            

        Setalah selesai tunggal putri kini giliran tunggal putra, tapi giliranku agak lama kerana sudah by satu kali, permainan pertama (ASIA VS HWALI) yang menang dari hwali. Permainan kedua (kwantas vs pahang3) pemenangnya dari kwantas, permaianan ketiga (melewar vs tanengang) dan saya akan ketemu dengan pemenang permainan ketiga di semi final kedua, dan semi final pertama hwali vs kwantas. Dag..dig..dug..hati....ku.... hatiku kayak nya seperti mau copot. Duduk saya melihat permainan (kwantas vs hwali) yang sangat hebat, apa mungkin aku bisa main sehebat itu, ahh, aku tepis perasaan itu jauh jauh... yang penting bagi aku itu semangat dalam permainan yang ada dalam pikiranku Cuma buat sebaik mungkin dan keluarkan segala-galanya. Kwantas kalah oleh hawali dua set saja. Kini saatnya aku beraksi melawan melewar1. 

       Saya pun masuk ke dalam gelangang dengan semangat yang membara di dalam hati. Dan permainan pun bermula saingan yang di berikan pihak lawan sangat-sangat hebat tapi saya berusaha sebaik-baiknya melawan, menghantar pukulan yang keras sehingga susah di kembali, permainan pun tamat saya menang dengan permainan 2 set. Dan akan berjumpa dengan hwali, satu saja yang bisa ku katakan “MAJU TERUS PATANG MUNDUR” apa yang penting tampilkan yang terbaik. Bila-tiba giliran  ku, untuk bermain saya pun masuk ke gelangang sebelum bermain kami diberikan 2 minit untuk pemanasan. Selesai pemanasan saya dan juga pemain dari hwali namanya heri ghani di panggil ketempat wasit, untuk cabutan undi tempat. Saya memilih sebelah kiri karena tidak terlalu silau, dan permainan pun bermula score pertama menjadi milikku. Sampai lah 8-0 dari situ herri ghani mula mengejar satu demi satu point dia raih sehingga 12-20. Saya tidak tahu dimana letaknya kesalahan saya sehingga dia mengejar sampai 20-20, padahal 8 point dia ketinggalan dibelakang sehinggalah dia yang menang set pertama dengn score 22-20. Kecewa memang kecewa tinggal satu point saja lagi dia bisa mengejar, di set kedua saya berpindah ke sebelah kanan  dan tempatnya agak silau sedikit.
           
          Permainan pun bermula, diawal permainan heri ghani semakin menguasai gelangang tapi saya juga tidak mau kalah meskipun score dia selalu di depan tapi saya terus berjuang. Di set kedua stamina ku semakin berkurang dan berkurang, saya mulai lelah hanya tuhan saja yang tahu betapa penatnya saya dan inilah namanya pertandingan tapi herri ghani juga mulai kepenatan  seperti aku. Sehinggalah score mengapai 18-15, saya ketinggalan 3 point dan saya semakin susah untuk bernafas. Dan saya meminta kepada wasit untuk rehat seketika. Penatnya minta ampun inilah kali pertama main sepenat ini masing masing  tidak mau kalah, di tambah lagi dengan lawan yang hebat dari segi stamina. Setelah rehat saya kembali lagi ke dalam gelanggang, kepenantan ku agak berkurang sedikit, wasit pun memulaikan permainan. Dengan score 18-15 menjadi, 18-20, dimana point demi point kuraih untuk memenang set kedua, Alhamdulillah  saya menghabiskan dengan smash yang kencang kearah kiri pihak lawan. Dan permainan dilanjut ke babak penentuan set ketiga. Stamina ku semakin berkurang hanya sisa-sisa tenaga ku saja yang ada akan saya tampilkan di set ketiga.
           
        Di set ketiga point antara aku dan herry ghani tidak pernah jauh, kadang dia di depan kadang juga aku di  depan. Kejar mengejar antara kami berdua sehingga apabila score ku mengapai 14 saya mulai hilang arah permainan. Rasanya tidak ada lagi tenaga ku untuk melanjutkan permainan, tapi saya juga tidak mudah mengalah lawan dengan strategi saja karena tenaga ku sudah mulai habis. Akhirnya saya tidak dapat bertahan dan  herri ghani dari hwali menutup permainan dengan score 21-16. Sekaligus dia yang menjadi juara badminton tunggal putra clc pontians youth super 2013 dan saya jadi runer up saja.
             Tapi saya bangga dengan diriku sendiri karena bisa sampai ke final, bukan senang untuk final. Bila kalah pasti kecewa bohong lah kalau saya tidak merasakan hal yang sama.
            Itulah adat pertandingan, ada menang ada yang kalah. Kalah tak berarti tidak bagus tapi ada yag lebih bagus, dan jadikan kekalahan itu sebagai motivasi agar kita lebih maju kehadapan, berlatih dengan giat lagi agar mampu maraih mimpi-mimpi. Kekalahan itu artinya kemenangan yang tertunda, kata pak guru. Selesai main badminton saya harus focus dengan tarian karena pertandingan tari akan berlangsung sekitar jam 9 malam. Kami semua  para atlet kembali ke khemah untuk melajutkan acara seterusnya. Badan ku terasa sakit, berjalan saja susah apalagi mahu menari. Tapi ini bukan alasan, kasian teman-teman ku sudah berlatih menari kurang lebih 1 bulan tiba-tiba kurang satu orang. Ah....aku harus terus berjuang dan berjuang...kesakitan yang ku rasa tidak ku beritahukan kepada guru pendamping karena takut membebani mereka dan saya bukan seorang yang manja, biarlah saya sendiri yang tahu. Sampai khemah saya langsung mandi dan bersiap-siap untuk memakai costume tari yang disediakan. Sesudah itu kami langsung kumpul di dewan untuk makan dan merehatkan diri. Lampu-lampu camera terus-terus menyalah, teman-temanku tidak henti-henti mengambil gambar. Ini adalah kali keduanya saya mengikuti lomba tari, dimana tahun kemarin saya bisa meraih juara 1 lomba tari berpasangan apkres 2012 dengan siti rahmah. Saya tidak lah pandai menari tapi kata orang tidak ada salah untuk mencuba. Seperti moto saya tahun ini, “bukan senang mahu jadi senang dan bukan susah mahu jadi susah”
            
      Orang yang bilang dirinya pandai pasti orang nya sombong, bagi saya, tidak ada orang pandai dalam dunia ini, kalau pandai tak usah belajar lagi. Janji ada keinginan pasti bisa, apa yang penting kata anak kelas 7 hafis baharuddin, “yakin...yakin....yakin....pergi KK”. Bila panitia lomba mengumumkan peserta pertama dari TKB fico, kami semua besiap sedia untuk naik ke pentas, seperti orang –orang lain bila naik di pentas pasti gementar, yah sama lah seperti saya. Sebelum naik kami berbincang terlebih dahulu, agar lebih kompak, dengan semangat perjuangan kami semua kami naik dengan membawa nama pontian fico ke atas pentas dan music pun di mulai apalagi, kami pun menari seperti yang di ajarkan dari A sampai Z. Setalah selesai menari kami semua di berikan komentar oleh dewan juri, komentar pertama, “tarinya bagus tapi ekspresinya kurang” bagi saya komentarnya agak membangun. Kementar kedua,” tarinya ok tapi!!!ekpresi kurang kenapa nggak ada yang senyum dan saya suka dengan penari yang memakai no3 dari awal sampai akhri senyum terus, terimah kasih.” Dan komentar ketiga sama juga seperti komentar yang pertama daan kedua. Nampaknya guru tari kami sangat-sangat marah kepada kami semua kerana tidak ada yang mahu senyum, saya Cuma bisa diam saya senyum juga tapi tidak terlalu menongjol. Apa-apapun kalau di lihat dari keseluruhan saya rasa kami yang akan menjadi JUARA. Wahhh.. yakin.
           
   Kalau tidak menang mampus lah kami kena ombak dengan cikgu zai,hehehe. Selesai acara kami semua bersiap-siap  balik ke khemah untuk tidur dan istirahat.
            Dalam khemah panasnya minta ampun, tuhan saja yang tahu, kayak dalam oven. Susah mahu tidur sudah lah dalam khemah ada 6 orang tidak dapat ku bayangkan betapa sensaranya saya. Seluruh badanku terasa sakit dari atas sampai bawah, tapi tunggu dulu, perjuangan ku belum berakhir karena besok nya masih ada lomba yang harus ku ikuti adalah lomba PIDATO.
           
       Saya harus jaga kesehatan jangan sampai besok terjadi hal-hal yang tidak diingini, sudahlah dalam khemah bising semua tidak mahu mendengar kata-kataku, terutama si hidayat siswa dari asia oil falm2. Saya mahu tidur dia pulak sibuk makan meggi sedap di dlm khemah, sebenarnya saya mahu melaporkan kepada guru tapi dengan keadaan seperti ini jadi saya mengubah pikiran. Sekitar jam 12  malam mereka juga belum tidur, kepala ku seperti mahu pecah, sekali-kali saya menegur tapi mereka tidak mahu mendengarkan. Bukan apa! Kita sebegai siswa harus bersikap baik dan mendengar cakap, mengikuti tata tertib perkhemahan. Setiap orang tidak lari dari kesalahan tapi dari kesalahan itu harus kita perbaiki agar kita lebih baik ke depannya. Tak terasa seperti baru saya menutup mata tiba-tiba harus bangun. Ah....pagi yang indah.... semoga hari ini saya bisa memberi persaingan kepada peserta-peserta lomba pidato, di mana lawan terhebat ku adalah ani dari asia oil falm2 dia juga ada pengalaman dalam berpidato dimana dia yang mengantikan tempatku tahun lalu. Pasti Persaingan semakin sengit peserta lainnya juga tidak mahu kalah, tapi itu semua juga factor rezeki. Seawal jam 4 subuh kami semua para siswa bangun untuk bersiap-siap ke surau untuk menunaikan sholat subuh. Kami semua para siswa baik lelaki maupun perempun beramai-ramai pergi ke surau kecuali tidak beragama islam dan berhalangan. Sesampai saja di surau saya langsung mengambil whuduk dan langsung naik ke dalam surau.
            
       Selesai sholat, saya berdoa,”ya..allah hari ini adalah hari yang ku tunggu-tunggu selama setahun dimana tahun lalu saya gagal naik pentas, saya sudah berkerja keras untuk lomba berpidato ini dan hari ini adalah penentuannya. tujuanku ke sini bukan untuk menang tapi untuk menampilkan yang terbaik di antara yang terbaik, jika saya ditakdirkan kalah saya tetap bangga dengan diri saya sendiri, melangkahkan satu kaki  ke atas pentas saja sangat sulit apalagi bisa bertatap dengan orang yang banyak. Mudah- Mudahan apa yg saya impikan terkabul..amin..”
            
      Usai  sholat kami semua berkumpul di lapangan untuk senam pagi, senam pagi di pimpin oleh cikgu yunus guru bina dari TKB Pahang 3. Waduh,,waduh,,,gerakannya rancak sekali di iringi lagu orang barat, tidak ketinggalan lagu dangdut itulah moment yg paling lucu di supercamp,menari dangdut pagi-pagi. Siapa tidak goyang akan di denda, gerakannya juga mantap’ inul daratista saja kalah. Ada-ada saja!tapi memang best jarang ada senam seperti ini. Usai senam, kami semua kembali lagi ke khemah untuk bersiap-siap untuk acara berikut nya. Saya pun pergi mandi dengan teman-teman lainnya, usai mandi saya merapi-rapikan diri dan bersiap-siap untuk lomba pidato. Tidak  lupa kewajiban seorang pelajar adalah menjaga kebersihan alam sekitar kami juga turut berpartisipasi dalam kebersihan lingkungan khemah tidak ada kompromi, sedangkan guru saja mampu mengutip sampah apalagi kami sebagai seorang siswa.
           
       Burung berkicauan , embun membasahi rambut sehingga meresap sehinggah ke dalam-dalamnya terasa segar sekali, rasanya stress bekerja hilang dari ingatan begitu saja. Yang ada Cuma supercamp dan supercamp. Di hari kedua semangat yang ada dalam diriku belum juga habis yang ada malahan semakin bertambah. Kami semua sekali lagi berkumpul di lapangan untuk makan pagi, alias sarapan pagi. Untuk sarapan pagi kami adalah mie goreng dan sebiji sosej, semua siswa makan dengan lahap sekali bak lagu makan. “ bila makan pagi telah tiba,, marilah segera keruang makan,,jangan lupa habiskan nasi,,,juga dengan laut pautnya,,sayur mayur juga disikat,,hindarkan bicara dengan teman....horeee!.tambah semangat makannya. Selesai makan kami para siswa kembali menyiapkan diri masing-masing untuk lomba akan dilanjutkan. Untuk acara pertama adalah acara olahraga futsal. Dan teman-teman ku dari TKB fico, Nampaknya sangat semangat sekali saya dapat mendengar dari bisikan-bisikan hati mereka yang berkata, anak Indonesia bisa..!bisa..!bisa!..yes. Untuk permainan pertama adalah fico  vs hwali. Tapi sayang nya saya tidak dapat melihat teman-teman ku bermain karena saya sudah memakai pakaian yang rapi. Tapi jangan risau! Saya menyokong mereka dari jauh tapi tidak lah sampai lompat-lompat hanya sekedar go....fico....go....fico... Nasib baik saya tidak main, kalau saya main jangan harap pihak lawan bisa lolos...hehehe. Tapi dalam hatiku masih terasa geram juga, macam mana tidak geram semuanya pemain dari fico agak angkuh, nggak kompak, penting kan diri sendiri. Nah akhir nya team dari fico kalah oleh hwali, kasian.
            
        Acara seterusnya adalah story telling, dan dari jauh saya melihat Julius berlari dari lapangan sepak bola, badannya yang berkeringatan dan saya dapat rasakan betapa penatnya dia, lari sini, lari sana, dari atas sampai bawah dia kawal bola, itu yang di namakan pemain yang serba boleh. Saya angkat jempol untuk Julius. Dia pun memakai baju story telling nya dan berlari masuk ke dalam dewan, dia sangat semangat sekali Nampak nya. Dan saya teringat kata-kata cikgu zai. “Julius emas kau punya lah”. Tapi dalam pertandingan apa-apa bisa terjadi, tanpa membuang waktu dia pun naik kepentas sekaligus mengakhiri lomba story telling. Komentar ku tentang persembahan Julius adalah , bagus tapi sayang nya dia tidak menhafal teks. Dan acara seterusnya adalah pidato, tapi di suruh tunggu sebentar karena dewan juri belum tiba, dengan masa yang berikan saya masih sempat baca kembali teks pidato ku. Yang saya bimbang kan Cuma satu adalah factor suara, sebelum naik ke pentas pak guru haris cempaka sempat memberi masukan yang yang berguna bagi saya, salah satunya, “aswan,buat yang terbaik saja’ pidatonya sudah bagus tapi tinggal suaranya saja di perhaluskan lagi.”
            Sebelum naik kami semua para peserta di suruh cabut no urutan,1 dari kwantas,2 tenegang,3 pahang,4 asia, 5 pahang, 6 fico, 7 hwali. Saya dapat urutan ke 6. Peserta demi peserta naik ke pentas semuanya hebat-hebat, dan ini adalah persaingan yang sangat sengit. Dan tibalah giliran ku naik ke pentas jantung ku seperti nya mahu copot.
           
       Bukan senang sebenarnya tapi saya harus cuba sedaya upaya. Pada awalnya tangan ku agak bergegar tapi saya cuba tarik nafas sedalam-dalamnya sehingga saya mulai mengawal diri dengan baik  kata demi kata saya keluarkan keyakinan ku mulai bertambah apabila tepukan-tepukan dari rakan-rakan yang ada dalam dewan tidak henti-henti diberikan, meskipun bisa di kira penonton nya tapi bisingnya kalah suasana pasar raya. Saya menutup pidato ku dengan pantun perpisaan. “kalau ada sumur diladang boleh kah abang bertumpang mandi, kalau ada umur yang panjang semoga kita berjumpa lagi. Teman-teman ku semakin mengila teriak nya, saya ucapkan terimah kasih atas sokongannya. Sesudah selesai lomba pidato kami semua peserta lomba pidato di suruh naik ke atas pentas kerana para dewan juri mahu memberikan komentar atau masukan yang berguna untuk kami semua agar berguna untuk masa depan. Semua peserta mendapat komentar yang positif tapi setiap peserta tidak lari dari membuat kesalahan termasuklah saya. Apa-apa pun saya bangga dengan diri sendiri, dan tinggal menunggu keputusan  juaranya. Saya tidak mengharap apa-apa kalau menang syukur Alhamdulillah kalau kalah cuba lagi. Selesai pidato adalah acara lomba menyanyi dan wakil dari TKB fico masuk ke final dan saya berharap  agar azwan siswa kelas 7 bisa menjadi juara. Selesai semua acara kami semua para siswa di suruh berkumpul di dalam dewan untuk mendengarkan satu pengumuman penting. Pengumumannya adalah acara pentas seni yang akan diadakan di malam hari, setiap TKB harus menampilkan satu karya seni,tidak terkecuali jikalau ada TKB yang tidak membuat persembahan akan di hukum. Selesai pengumuman kami dari TKB fico berkumpul dan berbincang untuk pentas seni nanti malam, masing-masing siswa di haruskan melontar pendapat,di antaranya pendapat dari Julius, dia berpendapat bahwa lebih baik kalau kami buat persembahan puisi atau pantun, amylia dan juarna juga melontarkan pendapat, lebih baik menari modern yang lagunya barabara...berebere....barabara..berebere....
           
       Sakit kepala memikirkan, tidak ada perkompakan dalam pemilihan, bukan apa! kebanyakan teman-temanku agak pentingkan diri sendiri dan tidak mahu mendengarkan pendapat orang lain serta tak menghargai pendapat teman sendiri. Tiba-tiba datang cikgu zai dari belakang dan berkata, “persembahan apa kamu mahu buat, bagus kamu buat persembahan dikir barat”, ini lagi satu pendapat yang tidak masuk akal mana lah sempat mahu buat dikir barat, dan saya menghargai pendapat cikgu tapi kami sudah kesuntukkan masa dan tinggal berapa jam saja lagi, cikgu zai saya lihat seperti agak marah karena semua siswa bekeras hati di ada persatuan dan kesatuan. Dan saya sebagai yang tertua di antara semua siswa di TKB fico mengambil keputusan untuk membuat tarian ASMARADANA, hanya itu saja satu-satu yang ada dalam pikiran aku, nasib baik step nya tidak terlalu susah dan sudah kami pelajari sebelum ke supercamp, mula-mula semua tidak setuju, tapi saya bilang kalau kamu tidak setuju terpulang kamu lah, itu adalah pendapat terbaik yang saya berikan, kita sudah pun latihan sebelumnya. Cikgu zai pun membantah dengan keras dan terjadi kekecohan antara kami semua, tapi tidak lah sampai ributan hanya sekedar kesalah fahaman saja.
           
      Hampir setengah jam semua diam, tiba-tiba saya memberanikan diri untuk memberitahukan yang kalau kamu tidak mahu tak usah lah, biarlah saya saja sendiri yang menari nanti malam sebab susah mahu mengatur kalian semua, beberapa minit kemudian cikgu zai pun bersuara, “aswan adakah lagu asmaradana tempat mu”. Dan saya pun menjawab, “ada bah cikgu..” nah dari situlah cikgu memutuskan untuk membawa tarian asmaradana meskipun siswa lain agak keberatan, tidak ada pakai tapi kalau cikgu zai sudah bersuara. Selepas berbincang kami semua berlatih di gelanggang badminton di bawah matahari yang panas terik, seperti ikan asin yang di jemur, tidak ada tempat lain untuk latihan sebab semua tempat di dalam depan di pakai oleh TKB lainnya. Selama beberapa minit kemudian banyak yang mengeluh, panas cikgu.....panas cikgu......panas cikgu......yang ada cikgu zai semakin marah, komplik antara kami semua belum juga selesai, saya sebagai seorang manusia biasa hanya bisa diam dan diam, sebagai seorang individu susah mahu puaskan hati semua orang.
            
       Untuk pentas seni, kami dari TKB fico akan tampil  no 1, setelah latihan demi latihan kami jalankan, berehat sebentar. Karena capek banget, untuk tarian asmaradana banyak yang komentar tarinya  bagus sekali, dan saya tidak salah  melontarkan pendapat, kita sebagai siswa harus senantiasa memberikan pendapat dan wajib berdiskusi bila berdepan masalah –masalah seperti ini dan lainnya. Tidak lupa juga mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain tidak semestinya kita selalu benar. Selain pentas seni banyak juga acara yang di lanjutkan seperti takrow sekaligus adalah lomba penutup untuk supercamp yang sangat wow. Saya hanya bisa melihat dari jauh karena malas mahu berdiri di tepi gelanggang yang banyak orang, permainan nya semakin seru dan seru. Kadang-kadang saya juga berteriak dan menyokong teman-teman dari TKB lainnya. Biasalah bukan selalu ada pertandingan seperti ini. Waktu demi waktu berjalan, sehinggalah mentari bertukar menjadi rembulan, malam pun tiba di malam ke 2 Cuma ada satu acara iyaitu pentas seni.
            
       Selepas sholat magrib semua siswa clc disuruh segera berkumpul di dalam dewan, termasuklah saya. Sebelum acara di mulai, pak guru memasang video gambar siswa seluruh clc, dari hari pertama sampai hari kedua, sambil mendendangkan lagu “kenangan terindah”. Jujur dalam hati ku terdetik kesedihan yang mengatakan ini adalah pengalaman terindah dalam hidup dan tak pernah terbayangkan, ketemu dengan semua siswa seluruh clc pontian fico, the best moment in my life. Tidak lupa guru-gurunya yang baik-baik, sangat mesra dengan kami semua dan selalu memberi motivasi kepada kami semua dan tak henti-henti memberi masukan-masukan yang berguna buat saya dan rakan-rakan lainnya. Terima kasih guruku, you are the best in my life. Kami semua pun bernyanyi bersama-sama dengan  para guru, lagu yang sangat menyentuh hati di tambah gambar-gambar supercamp kami memang wow. Lagu yang di pupulerkan oleh band Indonesia samsom.
aku yang lemah tanpamu .......aku yang rentan karena.....cinta yang tlah hilang darimu yang mampu menyangjungku......
selama mata terbuka...sampai jantung tak berdetak.....selama itu pun aku mampu.... untuk mengenangmu.....
darimu kutemukan hidupku......bagiku kaulah cinta sejati....ohh....
bila yang tertulis untuk ku....
adalah yang terbaik untukmu....
kan kujadikan kau kenangan terindah dalam hidupku.....
namun takkan mudah bagiku....
meninggalkan jejak hidupku, yang tlah terukir abadi sebagai.....
“KENANGAN YANG TERINDAH”

            Selesai makan, kami semua bersiap-siap, untuk pentas seni. Semua siswa nampaknya semangat sekali termasuklah saya. Untuk persembahan pertama dari TKB Pahang 3 dan kami yang terakhir ditukar karena mungkin tari asmaradana nya hebat kali yah. Tapi persembahan yang paling saya suka adalah persembahan dari TKB asia oil falm2. Persembahannya hebat, sebuah lakonanan campur tari dan nyanyi mengisahkan anak-anak yang ingin ke sekolah. Yang paling hebat di penghujungnya ada salah satu siswa yang bernama ani salah satu saingan pidatoku, puisi nya penuh dengan penghayatan disertakan music yang indah alunanya. Semua penonton tampak nya memberi tepukkan yang gemuruh. Macam mana tidak hebat kalau gurunya adalah guru bahasa Indonesia, sekaligus akan mengajar pidato. Selesai kami membuat persembahan, guru-guru juga tidak ketinggalan mengambil bagian dalam pementasan salah satunya guru tari kami, tidak lain dan tidak bukan ialah cikgu zaining.
            
         Semua guru pamong dan guru bina menari zapin dihadapn kami semua, lagunya zapin usik-usik. Kalau tari zapin, tutup mata pun cikgu zai bisa, guru-guru lainnya  juga tampak semangat menari, semua dari provinsi yang berbeda tapi bersatu dalam satu tarian. Ada dari makkasar, jawa timur, bandung , Surabaya dan jawa tengah, Kalimantan dan banyak lagi. Masing-masing mempunyai asal-usul yang berbeda tapi tujuan nya ke Malaysia Cuma satu, iyalah mengajar anak-anak Indonesia agar tidak lupa tanah air, berlainan karekter dan agama tapi tetap semangat untuk mendidik kami. Dan persembahan terakhir adalah dari pak samsir guru bina dari tkb asia yang mengajar bahasa Indonesia. Persembahan nya tidak diragukan lagi, puisi nya yang sangat bagus membuat para siswa banyak yang menangis, bukan senang membuat persembahan seperti pak samsir, Cuma orang yang ada bakat saja yang bisa seperti dia.
           
         Selepas  itu kami semua disuruh kembali ke khemah masing untuk tidur karena masih ada acara di tengah malam, cakara malam’ saya pun tidak tahu tapi pastinya seru. Dan penuh kejutan, tanpa membuang waktu saya pun tidur karena memang sangat ngantuk. Dalam tidur ku saya bermimpi yang saya ingin pergi ke bali Indonesia, tetapi dalam perjalanan hendak ke bali tiba-tiba kapal terbang yang saya naiki terbabas,. Tanpa menyadarkan diri saya pun berada di hutan amazon, kapal yang saya naiki telah musnah dan tinggal saya sendiri yang hidup. Saya berjalan-jalan tiba-tiba saya dikejar king-kong, tanpa membuang waktu saya pun berlari sekuat-kuatnya dan masuk ke dalam gua, di dalam gua yang sangat gelap saya tidak melihat apa-apa. Tiba-tiba saya terpijak sesuatu, dan benda yang saya pinjak itu  adalah anakonda, ahhhhhh....... saya berlari dan berlari tanpa melihat sekeliling. Tanpa menoleh ke belakang tiba-tiba saya terjatuh arhhhhhhhhhh......! dan masuk ke dalam air, saya pun berenang sekuat tenaga, tiba-tiba! Saya melihat ada benda bergerak ke arah saya, dan saya perhatikan betul-betul apakah benda tersebut.? Ternyata benda tersebut adalah buaya, arhhhhhh.....!tolong,,,,,,tolong.......! tiba-tiba datang seseorang dari dalam air menarik saya ketepi, sekaligus menyelamatkan saya dari malapetaka. Saya pun melihatnya dan bertanya, “siapakah kamu?” tanyaku dengan penuh penasaran. “saya adalah putri air terjun angel yang yang terletak di venuezuela.” Jawabnya rasa tersimpul malu.
“tapi kenapa kamu boleh berada di sini inikan brazil” tanyaku lagi.
 “aku lari daripada negaraku, karena aku ingin dikawinkan dengan brad pit” jawabnya lagi.
‘’apa! brad pit, memang nya tidak ada lelaki lain dalam dunia ini” tanyaku?
“sebenarnya itu semua kehendak orang tua ku lagi pula aku tidak mencintainya”
“lalu kau mencintai siapa” tanyaku dengan rasa penasaran.?
“aku mencintai afgan penyanyi dari Indonesia”
            
         Tiba-tiba saya mendengar orang mengira,1...2...3...4...5...6...7...siapa tidak bangun akan di hukum, sekilip mata putri tersebut menghilang, dan saya tidak sempat mengucapkan terima kasih, putri.....putri...putri....tiba-tiba ada orang bilang “putri kepala otak mu”. Rupa-rupanya saya Cuma mimpi...hehehehe. saya pun bangun dan cepat berkumpul di lapangan, setiap team harus lengkap kalau tidak lengkap akan di hukum. Kami semua disuruh balik ke khemah untuk mengambil sleyer dalam hitungan 10 semua sudah harus kembali 1..2...3..4..5..6..7..8..9..10..siap gerak. Kami disuruh menutup mata dan ketua kelompok berada di depan, kami di pimpin oleh cikgu yang bernama risky, saya tidak tahu dia mengajar dimana. Kami dibawa berpusing-pusing keliling saya juga tidak tahu kami mahu di bawa kemana, tapi yang penting jauh dari khemah kami. Setelah jauh berjalan kami semua di suruh berhenti dan cikgu rizki memeriksa satu persatu badan kami, rupa-rupanya dia mahu mencari barang-barang perhiasan seperti gelang, cincin dan lainnya. Beberapa minit kemudian salah satu anggota  kelompok garuda kedapatan memakai perhiasan. Tak salah lagi dia adalah si hidayat, siswa tkb asia oil flm2. Cikgu rizki sangat marah sekali dan perhiasan tersebut ia ambil. Katanya kita sebagai seorang pelajar harus taat kepada tata tertib sekolah.
            
            Setelah selesai berjalan-jalan tiba-tiba kami di tarik oleh seseorang saya juga tdak tahu siapa orang tersebut. Dan saya di suruh duduk rupa-rupanya kami semua berada di dalam dewan. Tapi dilarang membuka sleyer, di samping itu cikgu samsir tidak membuang waktu untuk bercerita. Ceritanya sangat-sangat sedih dan menyentuh hati, sekali lagi saya angkat dua jempol untuk cikgu samsir. Rata-rata para siswa menangis tidak ketingalan guru-guru lainnya. Meskipun saya susah untuk mengalirkan air mata tapi tuhan saja yang tahu betapa sedih nya saya hanya orang yang tidak punya perasaan saja yang tidak tersentuh hatinya. Saya sangat-sangat mengantuk tapi apa boleh buat bukan selalu dapat bangun seawal jam 3 am. Selesai cakara malam kami semua di suruh bersiap-siap pergi ke masjid untuk menunaikan ibadah sholat subuh. Semua siswa harus pergi kecuali yang berhalangan. Sampai di masjid saya segera mengambil air whuduk dan naik ke atas mengambil tempat, dan siswa lain masih sibuk mengambil air whuduk padahal sholat segera di mulai, dan imam masjid pun memulaikan sholat dan saya melihat kebawa masih banyak siswa, selesai sholat , pak haris menyuruh siswa yang terlambat sholat , sholat kembali. Selesai pak haris sholat dia memberikan sedikit ceramah buat kami semua, waduh ceramah nya bagus sekali. Tiba-tiba saya menoleh ke belakang dan saya melihat ada siswa perempuan yang memakai sarung tidurnya dan selendangnya untuk sholat , rupa-rupanya dia adalah si juarna dan si asti ananta. Saya bangga dengan mereka, tapi saya juga tersenyum ini lah kali pertama saya melihat perempuan pakai sarung tidurnya untuk sholat, tidak lupa pak haris mengatakan ada bebrapa siswa yang di suruh pergi sholat tapi membuat alasan yang kata mereka sakit gastric,hehehe, tapi akhirnya mereka pergi juga dan itu membuatkan kami semua bangga.
           
         Usai sholat kami semua pulang ke khemah,dan pergi mandi. Kami satu team garuda pergi mandi bersama tapi bergiliran. Selesai mandi kami semua bersiap-siap, masuk ke dalam dewan, saya terdengar lagu poco-poco dan para siswa nampaknya sangat enjoy senam pagi terutama si Julius. Tiba-tiba hujan deras, jadi terpaksalah kami senam di dalam dewan, tanpa membuang waktu kami semua diberi makanan untuk sarapan, seperti biasa mie goreng dan sebiji sosej. Tiba-tiba kesedihan terlintas dalam benakku, “astaga hari ini adalah hari terakhir”, susah mahu menerima tapi inilah kenyataan nya setiap yang bermula pasti akan berakhir. Sepertinya sudah 3 hari kami di sini tapi rasanya seperti baru satu hari, apa-apa pun hidup harus happy. Selesai sarapan pagi kami semua di suruh keluar ke gelangang kerana hujan sudah mulai berhenti. 

        Berbaris seperti biasa, karena masih ada permainan-permainan yang akan di langsungkan. Dalam kiraan sepuluh kami semua harus menganti baju  dan mengambil ember, saya menjadi binggung apa sih! Permainan nya ah, ikut saja kata guru, untuk lolos kami harus menjawab soalan yang diberikan alias kuiz lah, Alhamdulillah kami kami lolos awal. Dan langsung berlari kearah post-post yang sudah di sediakan. Ada lima post dan kami harus mengambil tanda tangan setiap post untuk menang, untuk post yang pertama sampai post ke empat kami menang terus, di post kelima kekompakkan kami semakin menurun dan membuatkan kami kalah, dan di post kelima yang paling parah harus disiram pakai air dan ketuanya di pakaikan rumput di kepala, namanya kerajaan maha dewa, saya suka sekali dengan semua permainan karena lain dari yang lain, yang membuatkan kami tambah lambat  adalah kumpulan angrebirt mengambil kertas kami dan kami terpaksa mencari mereka.
           
        Oleh itu kami hanya mendapat no2 terpantas antara semua team cowok, by the way kami semua enjoy, walaupun kotor,selasai itu saya cepat-cepat pergi mandi karena acara penutupan dan penyampaian hadiah akan segera di mulai. Saya pun bersiap-siap memakai pakaian yang rapi, dan pak guru menyuruh kami semua mengemas barang-barang kami semua dan mengemas tenda masing-masing. Sesudah itu kami semua masuk ke dalam dewan tidak terkecuali, dan acara penutupan di mulai dengan sepatah dua kata oleh pengelolah CLC PONTIAN FICO,CIKGU HARIS CEMPAKA. Untuk KEMENANGAN kami dari TKB FICO, menbawa pulang 5 emas dan 3 perak, sekaligus membawa juara  umum clc youth supercamp 2013. Meski secara individu saya Cuma menyumbangkan 2 perak dari cabang olahraga dan seni, yaitu lomba pidato dan badminton tunggal putra. Untuk berkumpulan saya menyumbangkan satu emas dari cabang tari tradisional dan kali kedua mendapat juara. Walaupun Cuma juara 2 tapi saya bangga dengan diri sendiri karena bukan senang berada di tempatku, mental dan fizikal harus kuat.
 
Berusaha tangga kejayaan, maju terus pantang mundur......
Anak Indonesia bisa....bisa.....bisa......
Bertanding dan bersenang-senang....
Keyakinan itu penting...
“seribu satu kenangan” 
SUPERCAMP YANG SANGAT WOWWWW,,,!     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar